Teknologi Informasi Dalam Komunikasi Bisnis
KELOMPOK 5
Oleh:
Yusuf A. Al Mujanandi, Ficca Muren, Susanti, Rima.
1. KEUNTUNGAN MENGUASAI TEKNOLOGI INFORMASI
A. Bidang Sosial
Dalam bidang ini kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara satu tempat dan tempat lain dengan menggunakan berbagai media seperti internet. Misalnya seperti menggunakan sosial media untuk memperbanyak atau mencari teman baru dan memperluas pergaulan.
B. Bidang Pendidikan
1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang sebagai contoh dengan adanya e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis Teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
C. Bidang Ekonomi
1. Semakain maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan. Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-transaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan.
2. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
D. Bidang Pemerintahan
Teknologi Informasi dan komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
E-goverment juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
KELOMPOK 5
Oleh:
Yusuf A. Al Mujanandi, Ficca Muren, Susanti, Rima.
1. KEUNTUNGAN MENGUASAI TEKNOLOGI INFORMASI
A. Bidang Sosial
Dalam bidang ini kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara satu tempat dan tempat lain dengan menggunakan berbagai media seperti internet. Misalnya seperti menggunakan sosial media untuk memperbanyak atau mencari teman baru dan memperluas pergaulan.
B. Bidang Pendidikan
1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang sebagai contoh dengan adanya e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis Teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
C. Bidang Ekonomi
1. Semakain maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan. Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-transaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan.
2. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
D. Bidang Pemerintahan
Teknologi Informasi dan komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
E-goverment juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
2. Telepon
Sebagai
media Komunikasi
Bisnis
Pada awalnya, komunikasi dalam dunia bisnis dilakukan dengan menggunakan suatu perangkat komunikasi yang disebut telepon, dimana dengan alat ini para pelaku bisnis dapat menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan pihak lain dalam
rangka menjalankan bisnisnya.
3. Internet sebagai salah satu media Komunikasi Bisnis
Satu
hal
yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak
mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
4. E-Commerce dalam Komunikasi Bisnis
Secara umum, e-commerce dapat
didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik.Di dalam
e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan / perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam
perkembangan terakhir menggunakan media internet.
Sistem E-commerce dapat
diklasifikasikan kedalam tiga tipe aplikasi, yaitu :
1)Electronic
Markets (EMs)
2)Elektronic Data Interchange (EDI)
3)Internet
Commerce
3. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengambilan Keputusan
• Membuat keputusan (decision making) adalah suatu
proses memilih alternatif tertentu dari beberapa alternatif yang ada.
Wirausaha yang ingin maju
dalam bisnisnya, harus dapat memutar akal dengan mengandalkan intuisi, ide-ide
yang penuh kreatif dan inovatif.
• Dalam perusahaan besar, biasanya pembuatan dan
pengambilan keputusan itu didasarkan atas dasar data-data dan dokumentasi
perusahaan yang terdapat dalam survei, laporan usaha, dan sebagainya. Informasi
ini biasanya telah dihimpun dengan cara yang sudah ditentukan, sesuai dengan
teknik-teknik pemecahan masalah.
• Disinilah
peran Teknologi Informasi, dengan kelengkapan data dan informasi yang tersdia
baik yang telah lalu (seperti laporan keuangan, penjualan, persediaa, dll.)
ataupun yang akan datang (forecast) maka decision maker akan
lebih mudah dan cepat dalam memilih alternatif keputusan.
Adapun pedoman untuk membuat keputusan, kuncinya adalah sebagai berikut:
1.Terlebih dahulu, tentukan fakta-fakta dari persoalan yang sudah
dikenal.
2.Identifikasi, bidang manakah dari persoalan-persoalan yang tidak
berdasarkan fakta-fakta. Di bidang yang dikenal inilah, seorang Wirausaha harus menggunakan logika, penalaran, dan institusinya untuk membuat keputusan.
3.Keberanian dan antusiasme sangat diperlukan dalam menerapkan sebuah keputusan
4.Bersedia untuk mengambil tindakan agresif dalam menerapkan sebuah keputusan.
5.Ambillah risiko yang sedang-sedang saja jika terdapat ketidakpastian yang besar
6.Dalam keadaan tertentu, mungkin lebih baik untuk meneruskan sesuatu yang telah
berhasil pada masa lampau.
7.Jauhilah keputusan-keputusan yang akan
mengubah secara drastis susunan organisasi yang sekarang.
8.Keputusan
perlu
diuji
cobakan dahulu.
Kesimpulan
Pada
era digital ini, kegiata manusia tak bisa terlepas dari teknologi informasi pun
dalam kegiatan ekonomi. Teknologi telah berperan banyak dalam komunikasi
bisnis, yaitu dengan adanya internet dan telepon sebagai media komunikasi kini
komunikasi bisnis dapat dilakukan kapanpun, dan dimanapun, hal ini tentu semakin memudahkan kegiatan bisnis juga
mempercepat pengambilan keputusan.
E-commerce
kini semakin menggurita karena semakin pesat pula perkembangan teknologi dan
informasi. Pembeli tak lagi harus face to face untuk membeli sesuatu kini hanya
tinggal melalui jaringan internet. Komunikasi dari penjual terhadap pembelipun
dengan mudah dapat disampaikan terbukti dengan adanya website,
social media, youtube
chanel dsb. Yang kini pasar dapat dengan
mudah mengaksesnya.
Sehingga
kesimpulan akhir kami ingin menyampaikan bahwa teknologi informasi telah
memberikan banyak keuntungan bagi manusia dalam berbagai bidang baik itu
pemerintahan, sosial, pendidikan juga dalam perekonomian.