Langsung ke konten utama

Panggal, Mainan Tradisional Tanah Sunda

PANGGAL

        Panggal biasa dibuat dari berbagai macam kayu keras, semakin kuat dan keras kayu yang digunakan semakin bagus dan memiliki ketahanan yang lama untuk dimainkan. Panggal yaitu suatu permainan sejenis gasing khas tanah sunda, yang terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa dan diputarkan oleh tali sehingga dapat berputar dengan seimbang. Panggal biasa dimainkan di atas tanah, dengan jumlah pemainnya terdiri dari dua orang atau lebih.



        Kayu yang bisa digunakan untuk membuat panggal yaitu diantaranya: kayu jati, pornis, teh, kayu dari pohon jeruk, rambutan, jambu batu, durian, manga, jeruk bali dll. Namun, konon bahan yang paling bagus untuk panggal yaitu bahan dari pohon pornis, karena pohon pornis memiliki ketahanan yang kuat dan bobot yang berat, sehingga panggal dari bahan pohon tersebut,  akan berputar dengan seimbang dan ketika beradu dengan panggal lain akan kuat dan tak mudah retak. 

1. CARA PEMBUATAN
Cara membuatnya yaitu ada dua cara, yaitu pertama dengan cara manual dan kedua dengan cara bantuan alat atau mesin. Jika dengan cara yang manual maka proses pembuatannya itu dengan cara diukir dan dibentuk oleh golok, bahan pertama-tama dibersihkan dari kulit luar yang membungkus batang pohon tersebut, setelah itu dibentuk dengan cara di potong sedikit demi sedikit dengan posisi menyamping menggunakan golok, sesudah mulai terlihat bentuknnya, maka panggalpun di haluskan permukaannya dengan ampelas atau bisa juga dengan bekas pecahan kaca. Lalu cara kedua yaitu dengan cara menggunakan alat/mesin pembantu yaitu dengan mesin pemutar dan alat pahat, cara yang kedua ini lebih mudah dan lebih praktis, karena caranya hanya dengan menempatkan bahan yang akan dibuat menjadi panggal, lalu mengukirnya dengan alat ukir, pengerjaannya pun lebih cepat dan hasilnyapun lebih rapi dan halus daripada dengan cara manual.

 
2.   JENIS-JENIS PANGGAL

Panggal memiliki bentuk yang beraneka ragam, walaupun sama dari Jawa Barat namun, setiap daerah memiliki bentuk dan ciri khasnya masing-masing. Biasanya bentuk panggal itu sendiri akan disesuaikan dengan selera si pembuat dan kondisi tanah dari dari tiap daerahnya masing-masing.

1). Panggal Botol

Yaitu salah satu jenis panggal yang berbentuk memanjang seperti botol, memiliki badan yang ramping dan panjang yang cukup tinggi. Dengan bentuk badan seperti itu panggal botol dapat berputar dengan kencang dan lincah, namun kelemahan panggal ini yaitu daya keseimbangannya yang kurang sehingga ketika beradu dengan panggal yang lain panggal ini cenderung mudah terlontar jauh, namun karena kelincahannya sehingga sulit untuk dapat di timpa

.

2). Panggal Piring

Yaitu panggal yang memiliki badan melebar, dan memiliki tinggi yang pendek, perputarannya seimbang dan cenderung diam di datu titik. Panggal ini cocok untuk kondisi tanah yang keras dan rata. Panggal ini memiliki perputaran yang lama dan seimbang, akan tetapi jika diadu panggal ini mudah terkena oleh panggal musuh, walaupun begitu panggal ini memiliki ketahanan yang bagus dan dan cenderung kuat mempertahankan posisi perputarannya.



3). Panggal Buyung

Panggal yang bisa dibilang panggal gabungan antara panggal botol dan panggal piring. Pangal ini memiliki badan yang tidak terlalu melebar dan tidak terlalu memanjang, begitu pula tingginya, perputarannya pun stabil lincah dan kencang, namun panggal ini harus dibuat dengan bahan yang tepat yaitu dengan bahan yang berbobot lebih berat agar saat beradu dengan panggal lain panggal ini mampu bertahan.



            Itulah pembahasan mengenai mainan khas, yang merupakan salah satu dari budaya Indonesia khususnya daerah Jawa Barat yang disebut panggal. Seringkali kita selalu meremehkan kebudayaan kita walaupun panggal itu berebentuk permainan akan tetapi tetap hal tersebut haruslah kita pertahankan. Mirisnya anak zaman sekarang cenderung mengikuti permainan-permainan yang lebih canggih yaitu permainan yang berasal dari barat seperti Playstation, Game Online, X-BOX. Dll. Padahal dengan bermain panggal selain seru dan mempertahankan kebudayaan Indonesia, juga memiliki nilai seni yaitu seni ukir, dan juga dapat  mempererat pertemanan, coba bandingkan dengan game online atau sebagainya game tersebut hanyalah permainan seseorang dengan komputernya, tidak menimbulkan pertemuan secara real, hal tersebut dapat mengurangi relasi dengan oranglain di kesehariannya.

            Pada kesimpulannya, walaupun zaman kian maju. Namun tetaplah kebudayaan itu harus dipertahankan, walaupun hanya dalam bentuk mainan seperti panggal. Karena hal itu merupakan harta yang tak berwujud dari suatu Negara.


Sumber: Bikin Sendiri.

 

Postingan populer dari blog ini

HASIL DAN RESIKO INVESTASI

A. KONSEP HASIL Hasil (Return) dapat dipandang sebagai penghargaan untuk suatu investasi. B. UNSUR – UNSUR Hasil dari suatu investasi terdiri dari dua unsur yaitu : 1. Penghasilan Berjalan (Current Income) Adalah penghasilan periodik yang diterima secara tunai atau cepat dapat diubah menjadi tunai, yang bersumber dari pemilikan suatu investasi, seperti : bunga obligasi, deviden dari saham, sewa dari real estate. 2. Capital Gain - Capital Loss Capital gain berupa kenaikan nilai karena harga jual investasi lebih tinggi dari harga belinya. Capital Loss berupa penurunan nilai karena harga jual investasi lebih rendah dari harga belinya C. TINGKAT HASIL Tingkat hasil (level of return) yang dicapai atau diharapkan dari suatu investasi tergantung dari berbagai faktor, yaitu : Sifat – sifat internal : seperti jenis wahana investasi, cara pembelanjaannya, klien dari emiten, dan manajemen mempengaruhi tingkat hasil. Kekuatan Eksternal , seperti perang, rese

Hubungan Etika Bisnis dan Good Corporate Governance

A. Pengertian Etika Bisnis Secara sederhana yang dimaksud dengan etika bisnis adalah cara-cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, industri dan juga masyarakat. Kesemuanya ini mencakup bagaimana kita menjalankan bisnis secara adil , sesuai dengan hukum yang berlaku tidak tergantung pada kedudukan individu ataupun perusahaan di masyarakat. B. Pengertian Good Corporate Governance (GCG) Good Corporate Governance (GCG) adalah prinsip yang mengarahkan dan mengendalikan perusahaan agar mencapai keseimbangan antara kekuatan serta kewenangan perusahaan dalam memberikan pertanggungjawabannya kepada para shareholder khususnya, dan stakeholders pada umumnya. Tentu saja hal ini dimaksudkan untuk mengatur kewenangan Direktur, manajer, pemegang saham dan pihak lain yang berhubungan dengan perkembangan perusahaan di lingkungan tertentu. GCG terdiri dari 4 (empat) unsur yang tidak dapat terpisahkan, yaitu : Commitment

Dari Purwakarta Ke Depok Menggunakan Kendaraan Umum

Purwakarta merupakan suatu kabupaten yang luas nan indah, disana masih terdapat banyak tempat-tempat asri yang jauh dari polusi kendaraan. walaupun memiliki pusat kota yang tak begitu besar namun purwakarta memiliki destinasi wisata yang beragam. Lain hal dengan transportasi ke luar kotanya yang terbilang kurang nyaman dalam pengaturannya, misalnya saja bis yang jadwalnya tak tentu dan kereta yang sering terlambat, mungkin tak hanya di Purwakarta namun di Indonesia saya rasa masih seperti itu, tetapi untuk kali ini saya akan membahas transportasi dari Purwakarta ke Depok. Ok, langsung saja ini dia caranya Naik bis: -Bisa menggunakan bis KRAMAT DJATI ataupun bis WARGA BARU namun ada yang perluj diingat yaitu jurusan atau trayek yang menunjukan tujuan bis tersebut carilah bis yang bertuliskan Purwakarta-Kp.Rambutan untuk warga baru untuk kramat djati trayeknya bertuliskan Purwakarta-Bogor karna bis ini menuju bogor maka di tengah jalan (kp.Rambutan) anda harus turun saran s