Langsung ke konten utama

Peluang dan Tantangan Perekonomian Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

PENDAHULUAN



Latar Belakang Masalah

Pertumbuhan ekonomi suatu negara merupakan hal yang sangat penting karena setiap negara menginginkan adanya proses perubahan perekonomian yang lebih baik dan ini akan menjadi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara. Dalam hal mempercepat pertumbuhan ekonomi ada banyak hal yang menjadi jalan keluar agar dapat memacu percepatan laju ekonomi, mulai dari melakukan pembenahan internal kondisi perekonomian disuatu negara bahkan sampai melakukan kerjasama internasional dalam segala bidang untuk dapat memberikan kontribusi positif demi percepatan pertumbuhan ekonomi.

Pembaharuan berbagai aspek dilakukan demi tercapainya perekonomian negara yang makmur, merata, dan sejahtera. Namun, pepatah lama menyatakan “pohon tak selalu berbuah manis” adanya berbagai terobosan ekonomi yang dicanangkan atau gejolak ekonomi yang melanda perekonomian Indonesia bisa menjadi peluang sekaligus tantangan yang nantinya dapat mengentaskan atau malah menjajah perekonomian Indonesia itu sendiri. Hal ini menjadi sangat penting bagi kita untuk mengetahui, mempelajari, dan memahaminya guna mempersiapkan diri, memperbaiki produktivitas, dan sadar untuk memanfaatkan peluang ataupun mengantisipasi tantangan di masa depan dalam rangka mencapai kemakmuran perekonomian Indonesia.

Peluang ekonomi harus dimanfaatkan sebaik mungkin, mengingat dalam hal ekonomi Indonesia masih tertinggal dan masih banyak problem yang harus diselesaikan. Meskipun memasuki tahun 2015 ini Indonesia disebut-sebut berada pada peringkat ke-8 dunia namun, faktanya hal tersebut belumlah cukup untuk membuat perekonomian Indonesia maju.


Berlandaskan hal di atas saya ingin memaparkan kepada pembaca berbagai peluang dan tantangan perekonomian Indonesia, hal ini merupakan pelajaran bagi kita untuk sadar agar ikut andil dalam mengembangkan ekonomi Indonesia. Mungkin tulisan inilah salahsatu medium yang akan mengantar kita semua untuk sedikit besarnya berkontribusi dalam mengentaskan perekonomian Indonesia.

1. Peluang Perekonomian Indonesia

Peluang merupakan harapan terjadinya suatu kejadian yang belum tentu terjadi, terkadang peluang muncul dengan sendirinya tanpa di duga-duga. Sementara peluang perekonomian yang dimaksud disini adalah kesempatan dimana ada suatu pijakan untuk menata, memperbaiki, dan mengangkat perekonomian Indonesia.

Peluang bisa muncul dan dibuat darimana saja, bisa dari internal contohnya dengan peningkatan produktivitas, membuat peraturan pemerintahan terkait dengan perbaikan perekonomian, dari sektor penidikan, politik, ataupun budaya. Dari sisi eksternal, Indonesia bisa berpeluang meningkatkan ekspor, kerjasama perekonomian baik bilateral maupun multilateral dll.

Permasalahan-permasalahan makro ekonomi memang tidak bisa dihindari oleh setiap negara, menjadi hal yang wajar apabila pada perekonomian suatu negarara terdapat pengangguran, kemiskinan, inflasi dll. Permasalahan ini tentunya tidak bisa dihilangkan namun bisa di minimalisir. Termasuk Indonesia apalagi dengan penduduk terbanyak sedunia mengentaskan ekonomi tidak semudah membalikan tangan, maka dari itu pemanfaatan peluang ekonomi semestinya sebisa mungkin dioptimalkan.

2. Tantangan Perekonomian Indonesia

Secara bahasa tantangan berasal dari kata tantang yang diberi imbuhan –an yang berarti objek yg menggugah tekad untuk meningkatkan kemampuan mengatasi masalah; rangsangan (untuk bekerja lebih giat dsb): kesulitan itu merupakan ~ untuk lebih giat bekerja (KBBI). Jadi, tantangan perekonomian Indonesia adalah sesuatu yang dapat menghambat atau menghentikan percepatan laju ekonomi baik secara mikro maupun makro.

Perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Perekonomian selalu mengalami kondisi naik-turun. Adakalanya perekonomian berkembang dengan sangat pesat sehingga menimbulkan kenaikan harga. Periode lainnya perekonomian mengalami perlambatan dan mengalami kemerosotan serta berada ditingkat paling rendah dibandingkan periode-periode sebelumnya. Berikut ini merupakan hal-hal pokok yang menjadi tantangan perekonomian Indonesia:
1)      Pertumbuhan ekonomi
2)      Kemiskinan
3)      Ketidakstabilan Perkembangan Ekonomi
4)      Masalah Pengangguran
5)      Masalah Inflasi
6)      Ketidakstabilan Neraca Perdagangan dan Pembayaran



4. Peluang dan Tantangan Perekonomian Indonesia

Selalu ada dua sisi yang berlawanan di dunia ini, begitu pula dalam perekonomiann ada laba ada rugi, ada surplus ada defisit, ada peluang dan ada pula tantangan. Berbagai macam problem perekonomian kian muncul dan melanda Indonesia, apalagi pada zaman globalisasi pada masa kini, yang permasalahan ekonominya kian kompleks. Banyak sekali variabel yang mengindikasikan peluang dan tantangan terhadap perekonomian Indonesia baik secara langsung atau tidak langsung, mikro ataupun makro dll. Namun yang akan dibahas pada tulisan ini adalah hal yang akan atau sudah dominan mempengaruhi peluang dan tantangan ekonomi Indonesia. Yaitu diantaranya sbb:

4. Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

MEA adalah suatu bentuk kerjasama multilateral antara Indonesia dengan Sembilan negara lain (Indonesia,  Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunai Darussalam, Kamboja, Vietnam, Laos dan  Myanmar)  dalam rangka untuk memperbaiki perekonomian di kawasan ASEAN.
Bentuk Kerjasamanya adalah :
1. Pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kapasitas;
2. Pengakuan kualifikasi profesional;
3. Konsultasi lebih dekat pada kebijakan makro ekonomi dan keuangan;
4. Langkah-langkah pembiayaan perdagangan;
5. Meningkatkan infrastruktur;
6. Pengembangan transaksi elektronik melalui e-ASEAN;
7. Mengintegrasikan industri di seluruh wilayah untuk mempromosikan sumber daerah;
8. Meningkatkan keterlibatan sektor swasta untuk membangun Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tidak lama lagi Indonesia akan menghadapinya. Hal ini merupakan peluang yang bagus bagi Indonesia untuk mengembangkan perekonomian, MEA akan menjadi penyerap tenaga kerja, sebab tentunya perusahaan asing akan banyak ber-investasi di Indonesia, sehingga beragam tenaga kerja akan banyak dibutuhkan. Dari segi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pun, hal ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan, peningkatan produktivitas dan perbaikan kualitas baik SDM, Operasional, juga dari segi peraturan pemerintah harus terus diperbaiki, supaya momentum MEA dapat dimanfaatkan sebaik muingkin. Namun hal Ini akan menjadi “memakan atau dimakan” ketika SDM nya kurang, atau perusahaan Indonesia tidak bisa survive karena kalah bersaing dengan negara lain yang malah meng-ekspansi Indonesia sebagai lading bisnisnya.

Pada sisi investasi, kondisi ini dapat menciptakan iklim yang mendukung masuknya Foreign Direct Investment  (FDI) yang dapat menstimulus pertumbuhan ekonomi melalui perkembangan teknologi, penciptaan lapangan kerja, pengembangan sumber daya manusia (human capital) dan akses yang lebih mudah kepada pasar dunia. Meskipun begitu, kondisi tersebut dapat memunculkan exploitation risk. Indonesia masih memiliki tingkat regulasi yang kurang mengikat sehingga dapat menimbulkan tindakan eksploitasi dalam skala  besar terhadap ketersediaan sumber daya alam oleh perusahaan asing yang masuk ke Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah sumber daya alam melimpah dibandingkan negara-negara lainnya. Tidak tertutup kemungkinan juga eksploitasi yang dilakukan  perusahaan asing dapat merusak ekosistem di Indonesia, sedangkan regulasi investasi yang ada di Indonesia belum cukup kuat untuk menjaga kondisi alam termasuk ketersediaan sumber daya alam yang terkandung.

4. Melemahnya Nilai Rupiah Terhadap Dolar Amerika

Perekonomian Negara-negara besar benua Amerika dan Eropa masih belum stabil, Jerman, Rusia, bahkan amerika sebagai lokomotif perekonomian pun kini mengalami hambatan perekonomian berupa pengangguran dan kemiskinan yang kian meningkat menimpa negara tersebut, belum lagi baru-baru ini hutang terhadap cina, korea, dan Jepang yang jatuh tempo. Hal ini berimbas pada FED yang menaikkan suku bunga yang berimbas pula pada melemahnya rupiah terhadap dolar.

Melemahnya rupiah terhadap dolar sangat mempengaruhi ekonomi Indonesia bahkan seluruh dunia merasakan impact nya, sebenarnya hal ini bisa dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan Indonesia untuk meningkatkan ekspor produk-produknya ke luar negri sehingga laba dari perusahaan tersebut dapat meningkat dikarenakan nilai dolar yang naik.

Namun di sisi negatifnya barang impor yang masuk ke Indonesia akan semakin mahal, selain itu bagi perusahaan yang membeli bahan baku ke luar negri maka akan menambah budget untuk pembelian bahan baku sehingga kemungkinan produksi akan dikurangi sehingga menyebabkan melonjaknya produk luar yang dipasarkan dalam negri. Sebagai contoh anggaplah perusahaan A (perusahaan dalam negri) membeli besi mentah kepada perusahaan B (perusahaan luar negri) sebagai bahan baku produknya, ketika nilai mata uang negara A melemah, maka A akan mengalami penurunan laba bahkan rugi karena uang yang dikeluarkan untuk membeli besi mentah dari perusahaan B  menjadi lebih mahal harganya, untuk mencegah kerugian maka mau tidak mau perusahaan A akan menaikan harga terhadap produknya, hal ini jika banyak barang yang harganya meningkat dan terus menerus maka akan terjadi inflasi.

Sumber Gambar: Google
Sumber Tulisan: Berbagai artikel yang di sarikan kembali

Postingan populer dari blog ini

HASIL DAN RESIKO INVESTASI

A. KONSEP HASIL Hasil (Return) dapat dipandang sebagai penghargaan untuk suatu investasi. B. UNSUR – UNSUR Hasil dari suatu investasi terdiri dari dua unsur yaitu : 1. Penghasilan Berjalan (Current Income) Adalah penghasilan periodik yang diterima secara tunai atau cepat dapat diubah menjadi tunai, yang bersumber dari pemilikan suatu investasi, seperti : bunga obligasi, deviden dari saham, sewa dari real estate. 2. Capital Gain - Capital Loss Capital gain berupa kenaikan nilai karena harga jual investasi lebih tinggi dari harga belinya. Capital Loss berupa penurunan nilai karena harga jual investasi lebih rendah dari harga belinya C. TINGKAT HASIL Tingkat hasil (level of return) yang dicapai atau diharapkan dari suatu investasi tergantung dari berbagai faktor, yaitu : Sifat – sifat internal : seperti jenis wahana investasi, cara pembelanjaannya, klien dari emiten, dan manajemen mempengaruhi tingkat hasil. Kekuatan Eksternal , seperti perang, rese

Hubungan Etika Bisnis dan Good Corporate Governance

A. Pengertian Etika Bisnis Secara sederhana yang dimaksud dengan etika bisnis adalah cara-cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, industri dan juga masyarakat. Kesemuanya ini mencakup bagaimana kita menjalankan bisnis secara adil , sesuai dengan hukum yang berlaku tidak tergantung pada kedudukan individu ataupun perusahaan di masyarakat. B. Pengertian Good Corporate Governance (GCG) Good Corporate Governance (GCG) adalah prinsip yang mengarahkan dan mengendalikan perusahaan agar mencapai keseimbangan antara kekuatan serta kewenangan perusahaan dalam memberikan pertanggungjawabannya kepada para shareholder khususnya, dan stakeholders pada umumnya. Tentu saja hal ini dimaksudkan untuk mengatur kewenangan Direktur, manajer, pemegang saham dan pihak lain yang berhubungan dengan perkembangan perusahaan di lingkungan tertentu. GCG terdiri dari 4 (empat) unsur yang tidak dapat terpisahkan, yaitu : Commitment

Dari Purwakarta Ke Depok Menggunakan Kendaraan Umum

Purwakarta merupakan suatu kabupaten yang luas nan indah, disana masih terdapat banyak tempat-tempat asri yang jauh dari polusi kendaraan. walaupun memiliki pusat kota yang tak begitu besar namun purwakarta memiliki destinasi wisata yang beragam. Lain hal dengan transportasi ke luar kotanya yang terbilang kurang nyaman dalam pengaturannya, misalnya saja bis yang jadwalnya tak tentu dan kereta yang sering terlambat, mungkin tak hanya di Purwakarta namun di Indonesia saya rasa masih seperti itu, tetapi untuk kali ini saya akan membahas transportasi dari Purwakarta ke Depok. Ok, langsung saja ini dia caranya Naik bis: -Bisa menggunakan bis KRAMAT DJATI ataupun bis WARGA BARU namun ada yang perluj diingat yaitu jurusan atau trayek yang menunjukan tujuan bis tersebut carilah bis yang bertuliskan Purwakarta-Kp.Rambutan untuk warga baru untuk kramat djati trayeknya bertuliskan Purwakarta-Bogor karna bis ini menuju bogor maka di tengah jalan (kp.Rambutan) anda harus turun saran s